Selasa, 01 April 2014

TUGAS IBD - BUNGA DARI LAMBANG PROVINSI DI INDONESIA

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR #1

  Maskot Flora di Salah Satu Provinsi di Indonesia

Anggrek Hitam (Kalimantan Timur)

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit. Anggrek hitam merupakan anggrek alam asli hutan Kalimantan Timur yang ditemukan di hutan Kersik Luwai, Sangkulirang, Samboja, dan Tanah Grogot.

Bagi yang belum pernah melihatnya, pasti mengira anggrek ini berwarna hitam.  Namun kenyataannya, dinamakan anggrek hitam karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum semerbak dan biasa mekar pada bulan Maret hingga Juni. Dari sejak mekar sampai bunga ini kering, warna hitam pekat tersebut tidak berubah.  Karena keadaan inilah maka anggrek ini dijuluki anggrek hitam (black orchid).

Di habitat aslinya, anggrek hitam hidup menempel sebagai tanaman epifit pada batang atau dahan pohon. Selain itu, anggrek ini juga hidup di atas tanah yang dipenuhi seresah yang telah membusuk.  Jenis anggrek ini menyukai tempat yang kering, bersih, dan cukup mendapat sinar matahari.  Oleh karenanya, anggrek hitam tidak dapat hidup di tempat yang basah dan berlumut.
Anggrek hitam termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya. Setiap bulb hanya memiliki dua lembar daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip seperti daun pada tunas kelapa muda.

Spesifikasi Anggrek Hitam dari Kalimantan Timur


Divisi               :   Spermatophyta

Anak divisi   :   Angiospermae

Kelas               :   Monocotyledoneae

Bangsa           :   Orchidales (Gynandrae)

Suku               :   Orchidaceae

Marga            :   Coelogyne

Jenis              :   Coelogyne pandurata Lindl

referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_flora_identitas_provinsi_di_Indonesia 
http://dinaraviyani.wordpress.com/2014/03/09/lambang-bunga-yang-menjadi-lambang-provinsi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar